Rabu, 18 Maret 2015

Penyebab Kanker Lidah

Lidah merupakan salah satu dari lima panca indera yang dimiliki oleh manusia. Fungsi dari lidah itu sendiri sebagai indera pengecap rasa baik itu rasa dari makanan ataupun dari minuman. Lidah dibagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian depan untuk merasakan rasa manis dan asin, bagian pinggir untuk merasakan rasa asam dan asin, dan untuk bagian pangkal untuk merasakan rasa pahit.

Penyebab Kanker Lidah

Namun, bagaimana jika lidah tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Dan salah satu penyakit lidah yang sangat memprihatinkan ialah kanker lidah. Kanker yang tergolong kepada oral cancer ini lebih banyak ditemui pada laki-laki ketimbang perempuan.

Gejala Kanker Lidah

Dan untuk lebih jelasnya lagi, ada gejala-gejala umum yang sering muncul pada seseorang yang mengidap penyakit kanker pada lidah. Gejala kanker lidah yang pertama ialah, lidah tidak bisa lagi untuk merasakan rasa dari setiap makanan ataupun minuman yang masuk kedalam tubuh, rasa gatal pada bagian lidah, dan bau mulut.

Dari sekian banyak gejala dari penyakit ini, ada satu gejala yang menjadi patokan ataupun penilaian, yaitu munculnya organ baru pada bagian lidah. Dan biasanya, organ tersebut hidup menumpang pada bagian atas lidah, yang apabila tersentuh akan menghasilkan rasa sakit yang luar biasa.
Ciri – Ciri Kanker Lidah

Semua gejala tersebut memang tidak pasti akan dialami oleh semua orang, karena gejala munculnya penyakit kanker pada lidah tiap orang akan berbeda. Apabila gejala diatas tidak muncul, maka untuk mengindikasi penyakit tersebut bisa dengan melihat ciri-ciri kanker lidah.

Ciri lidah yang sudah terjangkit sel kanker yang pertama ialah ketika makan atau minum merasakan kesulitan untuk menelan, kesulitan menggerakkan lidah ataupun rahang, lidah seperti mati rasa atau bahkan sampai kaku, merasa ada sesuatu hal yang mengganjal pada bagian tenggorokan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Satu hal lagi yang perlu digaris bawahi, bahwa penyakit kanker lidah bisa menyebar ke organ, seperti mulut, pipi bagian dalam, dan juga bisa sampai menularkan pada paru-paru. Jadi, dengan mengetahui segala hal mengenai penyakit ini, diharapkan untuk lebih menjaga kesehatan, dan mulailah untuk hidup dengan cara yang baik, benar, serta sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar