Minggu, 08 Februari 2015

Ciri-Ciri Gondok Beracun

Gondok adalah pembesaran kelenjar gondok ( trioid) yaitu kelenjar berbentu kupu-kupu yang terletak di bawah pangkal tenggorokan ( depan leher). Penyakit gondok dibedakan menjadi dua jenis yaitu gondok bisa dan gondok beracun (hipertiroid). Gondok bisa tidak menimbukan gejala yang serius, tetapi jika tidak di obati maka lama kelamaan akan menjadi mengganas atau jadi gondok beracun atau hipertioid.
Gondok merupakan pembengakakan atau benjolan besar pada leher sebelah depan (pada tenggorokan) dan terjadi akibat pertumbuhan kelenjar gondok yang tidak normal. Kebanyakan penyakit gondok disebabkan oleh kekurangan yodium dalam makanan. Demikian pula, kekurangan yodium pada wanita hamil kadang-kadang menyebabkan bayi meninggal dunia bayi dilahirkan dengan kelambatan mental dan atau tuli (kretinisme). Hal ini dapat terjadi, walaupun ibu tidak menderita penyakit gondok.

Faktor penyebab penyakit Gondok disebabkan oleh gangguan pada kelenjar tiroid sehingga tidak dapat mensekresikan hormon tiroid sesuai dengan kebutuhan tubuh. Juga dapat terjadi karena kekurangan kadar yodium yang menyebabkan gondok bersifat endemik.

Ciri Ciri Gondok beracun seperti:
  • Timbul tonjolan kecil pada tenggorokan yang kemudian membengkak dan tonjolan semakin terlihat besar pada tenggorokan.
  • Selera makan yang mulai menurun dan berkurang. Ketika kelenjar tiroid terganggu pada tenggorokan, terjadi penurunan selera makan yang cukup drastis. Hal ini disebabkan oleh susah menelan
  • Mulut mulai terasa tegang dan nyeri saat mengunyah atau menelan makanan
  • Ketika malam hari, suhu tubuh tinggi (panas)
  • Terkadang sering mengalami dengungan pada telinga
  • Sakit tenggorokan. Gejala ini merupakan gejala umum yang dirasakan, meskipun sakit tenggorokan tidak dapat dijadikan sebagai tolak ukur dari timbulnya penyakit gondok.
Baca juga artikel lainya obat tradisional gondok beracun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar