Rabu, 04 Februari 2015

Gejala Umum Kelenjar Tiroid

Kanker tiroid dapat di artikan sebagai kanker yang berada pada kelenjar tiroid.Sedangkan kelenjar tiroid sendiri berada pada bagian leher bawah.

Kelenjar tiroid merupakan kelenjar mirip kupu-kupu di batang tenggorok. Fungsi utama kelenjar itu untuk pengaturan metabolisme tubuh dan pertumbuhan otak serta saraf.
Gejala dan ciri-cirinya:

Pembengkakkan pada leher bagian depan, bisa semakin besar secara bertahap sejalan dengan bertambahnya usia. Umumnya tidak terasa sakit Dalam keadaan normal, kelenjar tiroid tidak terlihat dan hampir tidak dapat diraba. Gangguan tiroid seringkali dimulai dengan pembesaran kelenjar tiroid yang tidak menimbulkan nyeri. Jika diraba, kelenjar terasa membesar, teksturnya seperti karet tidak lembut, kadang terasa benjol-benjol.

Penyebabnya:
  • Auto-imun (dimana tubuh menghasilkan antibodi yang menyerang komponen spesifik pada jaringan tersebut).
  • Obat-obatan tertentu yang dapat menekan produksi hormon tiroid
  • Kurang iodium dalam diet dan air minum, sehingga kinerja kelenjar tiroid berkurang dan menyebabkan pembengkakan
Meski awalnya pasien tak merasakan gejala, penyakit akan berjalan terus hingga keadaan menjadi nyata dan muncul keluhan.

Gejala Lainnya


Karena menyerang kelenjar tiroid yang mudah terlihat dari luar.maka gejalanya pun mudah dikenali.Meskipun memang pada kasus terntentu gejala kanker tiroid hampir mirip dengan gejala penyakit tenggorokan lainnya.

Berikut merupakan beberapa gejala yang sering ditemukan pada pasien:
  • Kesulitan menelan
  • Gejala umum yang biasa terjadi pada pasien adalah kesulitan menelan. Pasien akan merasakan sakit yang luar biasa saat berusaha menelan makanan.
  • Gejala ini juga sering ditemukan pada pasien yang mengidap amandel, tapi letak gangguan tersebut jauh berbeda.
Pembesaran pada kelenjar tiroid

Inilah sebenarnya yang membuat pasien merasakan sakit saat menelan, pembesaran yang terjadi pada kelenjar tiroid adalah salah satu ciri atau gejala khas dari penyakit kanker ini.

Batuk

Tentu saja tidak seperti batuk biasa lainnya yang lebih mudah untuk disembuhkan. Batuk yang menjadi gejala kanker jenis ini lebih sulit untuk disembuhkan.

Suara serak
Perubahan yang terjadi pada suara lebih disebabkan karena terjadinya gangguan pada pita suara. Gangguan pada pita suara ini disebabkan karena terjadinya pembengkakan pada kelenjar tiroid.

Baca juga artikel lainya pengobatan tradisional kelenjar tiroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar