Selasa, 06 Januari 2015

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih- Jika anda pernah merasakan infeksi saluran kemih, anda pasti mengetahui bagaimana rasanya? Infeksi saluran kemih terasa sakit dan bahkan menyebabkan demam berkepanjangan. Simak tentang infeksi saluran kemih berikut ini:

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah infeksi bakteri di saluran kencing. Dalam pengertian lain, ISK dikatakan sebagai gejala infeksi yang disertai adanya mikroogranisme patogenik (yang menyebabkan penyakit) pada urin, uretra, kandung kemih, atau ginjal. Pada bayi dan anak-anak kecil, serangan infeksi saluran kemih ini hanya menunjukkan gejala yang amat samar dengan risiko kerusakan ginjal yang lebih besar dibandingkan anak-anak yang sudah lebih besar. Oleh karena itu, orang tua perlu mengamati secara lebih intensif setiap gejala yang ditunjukkan.

Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK)
  • Sering buang air kecil
  • Disuria
  • Darah dalam urin
  • Demam tiggi dan kelelahan
  • Nyeri punggung
Cara Mencegah Penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK)

1. Pipis setelah berhubungan seksual
Kebanyakan orang mungkin bertanya-tanya, apakah mereka perlu buang air kecil setelah bercinta. Jawabannya 'iya'. Dengan buang air kecil setelah berhubungan seksual, Anda akan mengeluarkan bakteri yang bisa saja masuk ketika bercinta. Selain itu, pastikan juga Anda banyak minum air untuk mengeluarkan bakteri dari kandung kemih.

2. Makan cranberry
Cranberry dikenal sebagai buah yang bisa menangkal infeksi saluran kemih. Buah ini mengandung flavanol yang disebut proanthocyanidin (PAC) yang bisa mencegah bakteri menempel pada saluran kemih. Sehingga sebelum menyebabkan infeksi, bakteri sudah dikeluarkan bersama urine. Untuk pencegahan, Anda tak perlu mengonsumsi terlalu banyak jus cranberry. Anda bisa mengonsumsi suplemennya.

3. Membersihkan daerah pribadi dengan benar
Perhatikan cara Anda membersihkan daerah pribadi. Ketika selesai buang air kecil atau buang air besar, selalu siram daerah pribadi dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Penyebab infeksi saluran kemih yang paling besar adalah bakteri E.coli. Bakteri ini datang dari daerah anus ketika seseorang menyiram dari belakang ke depan atau mengelap daerah pribadi dari belakang ke depan setelah buang air kecil atau besar.

4. Jangan berendam terlalu lama
Semua orang tentunya suka berendam dalam bak mandi berlama-lama. Selain meredakan stres, mereka juga bisa merasa santai. Namun sebaiknya jangan lakukan itu terlalu sering dan jangan terlalu lama berendam dalam air. Terlalu lama berada dalam air hanya akan mengundang bakteri untuk masuk ke bagian pribadi Anda dan menyebabkan infeksi.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Jangan meremehkan penyakit ini. Baca juga artikel Pengobatan Tradisional Infeksi Saluran Kemih, link berikut ini: http://ramuantradisionalkita.com/pengobatan-tradisional-infeksi-saluran-kemih/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar